Blogger Day Wongkito: Silaturahmi Akbar Komunitas Blogger Palembang

Di lantai tiga Palembang Indah Mall (PIM) serombongan orang berkumpul di Ketty Resto, sebuah coffe. Mereka mengenakan kaos putih berkerah hitam. Di punggungnya bertuliskan ”Komunitas Bloggers Palembang”.

Ada yang saling sapa, bersalaman, berfoto-foto sampai ada yang asik berselancar di dunia maya dari laptop yang dipangkunya. Seolah-olah tiada hari tanpa internet. Di mana saja, dan kapan saja membuka internet.

Kamis siang itu (1/5), tampak para peserta mulai berdatangan. Mereka antri di sebuah depan meja. Mengisi registrasi kehadiran. Setelah beres, mereka menuju ke tempat duduk. Sambil ngobrol, tertawa dan tak ketinggalan berfoto-foto. Bahkan, Ada peserta yang rela datang dari Jakarta untuk menghadiri acara besar ini.

Inilah acara perhelatan pertama yang diadakan Komunitas Blogger Palembang Wongkito. Pembicaranya datang dari jauh, dari Jakarta. Ia adalah Presiden Blogger Indonesia Enda Nasution. Seorang blogger yang sudah cukup ternama di Indonesia.

Enda tak sendiri akan berbicara di forum talkshow. Ia akan ditemani Buyung, Kepala Perwakilan Sumatera Selatan jurnalis dari Harian Umum Kompas. Tak ketinggalan ada Ardy Hidayat, ketua Komunitas Blogger Palembang Wongkito juga turut menjadi pembicara di atas panggung.

”Ngeblog itu buat apa?”tanya Nike, moderator acara talkshow yang juga seorang blogger Wongkito.

”Kalau saya sih terutama karena saya suka menulis. Jadi, dari kecil saya suka menulis. Ada cita-cita ingin menjadi seorang penulis lah begitu. Ada hubungannya dengan tulis-menulis. Ini cita-cita yang sudah tercapai ya menjadi jurnalis,”kata Enda yang mengenakan kaos hitam yang bertuliskan ”u r what u blog”.

Terus, saya mempunyai ketertarikan dengan blog. Pada saat saya menemukan blog, sebelumnya saya mempunyai semacam website pribadi. Tapi, yang namanya website pribadi kan biasanya dari teman-teman yang sejak tahun 1990-an kenal internet, pasti kenal dengan namanya geocities, tripod dot com, dulu sih ada website-website pribadi yang isinya tentang cerita pribadi, biasanya pasang foto kita. Paling-paling interaksi melalui guestbook.

Dengan blog itu mempunyai satu kelebihan adalah karena formatnya seperti catatan harian, kemudian kita terpancing untuk terus-menerus meng-update. Blog yang di-update juga punya fitur-fitur interaktif seperti memberikan komentar. Sadar atau tidak sadar memberikan motivasi kepada kita untuk terus-menerus ngeblog.

Misalnya saya sudah lama ngga ngeblog, biasanya ada yang kasih komen,”kok ngga diupdate lagi sih?”. pertama ada perasaan, ”Siapa lu nyuruh-nyuruh gua ngeblog!? Ha-ha-ha”kata Enda.

Tapi lama-lama karena sudah ada pembaca dan menantikan posting kita berikutnya ditunggu, dan akhirnya kita punya kewajiban untuk tetap posting di blog. Rasanya senang, ternyata ada yang menunggui posting saya.

”Bagaimana dengan Pak Buyung? Katanya kalau ngga ngeblog jadul banget nih? Sejak kapan bapak ngeblog?”tanya Nike.

”Saya ngeblog sejak ke Palembang. Ketika saya pertama kali datang ke Palembang, saya melihat Palembang ini sangat bagus. Saya sangat jatuh cinta dengan Palembang ini. Makanya, saya bikin blog pasarcinde dot blogspot dot com,”cerita Pak Buyung.

”plok-plok”,suara tepuk tangan para peserta mendengar kisah Pak Buyung.

Kenapa saya memilih nama itu? Karena ketika saya melihat bangunan Pasar Cinde bersejarah. Arsitektur yang pernah saya baca sangat hebat. Kalau anda ke sana, Pasar Cinde itu sangat diabaikan pemerintah. Makanya, saya bikin itu (blog,red) dan sekaligus memperhatikan Jembatan Ampera yang kurang dijaga. ”Saya tuliskan di blog dan berharap ada yang mengomentarinya atau memberikan pendapatnya. Tapi ternyata ngga ada. Ternyata saya kurang pengalaman. Tapi, saya sudah banyak belajar,”ujar Pak Buyung sambil tersenyum-senyum.

”Makanya masuk ke komunitas kita, nanti pasti banyak komentar,”celetuk Nike.

Saya sebagai orang media melihat bahwa di Amerika ada tercatat bahwa dari 94 dari 96 surat kabar di sana, itu mempunyai blog sendiri. Kenapa media massa atau suratkabar itu penting membikin blog? Karena hampir semua media mempunyai media dotcom. Tapi, ia tetap penting memiliki blog karena ia bisa interaktif antara penerbit dengan pembacanya. Wartawan dan pembacanya.

Dari informasi dan catatan yang didapat dari Kompas bahwa blog pertama Justin Hall. Ia pemuda kelahiran 16 Desember 1974. Justin disebut sebagai blogger pertama di dunia. Ia mencatatkan hariannya di internet pada tahun 1994. Jadi, blogger lahir pada tahun itu.

Tahun 2008 ini, entah sudah berapa blogger di dunia tercatat. Setiap hari terus bertambah. Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak komunitas blogger daerah bertumbuhan. Mulai dari Sabang sampai Merauke. Meskipun belum semua daerah ada komunitas blogger, tapi setidaknya seiring dengan semakin berminatnya orang-orang menulis di blog, secara perlahan-lahan akan tergerak untuk membuat komunitas blogger di daerahnya sendiri. Mereka memiliki kekhasannya sendiri. Mereka menuliskan apa yang terjadi di daerahnya. Tidak seperti yang ditulis di media massa mainstream. Banyak kepentingan dan editing. Tapi, menulis di blog bisa bebas dan independen.

26 komentar untuk “Blogger Day Wongkito: Silaturahmi Akbar Komunitas Blogger Palembang”

  1. rd Limosin berkata:

    eh ada saya… duh gantengnya

  2. TIM's berkata:

    acara yang keren. kekurangan dalam sebuah acara, wajar saja. bahkan sebuah EO besar pun dalam sebuah acara pasti ada ‘cacatnya’.

    GO BLOGGERS!™
    GO WONGKITO!™

  3. masboi berkata:

    selamat untuk event akbar perdana ‘WongKito Blogger’s Day’. Sebarkan terus virus (cinta) ngeblog di Palembang!

  4. TIM's berkata:

    duh, komen saya mana? gpp. komen ulang deh. :)

    GO BLOGGERS!
    GO WONGKITO!

  5. redha herdianto berkata:

    wah panjang nian ceritanya. btw, undangan koq gak disebut ya. malah ya jauh dari jakarta rela dtng ke palembang. (itu khan dibayarin)

    lha klo Lampung ? *ngiri mode on*

  6. wahyu berkata:

    Sebarkan juga Link ke Blog Saya… :D

  7. Guest berkata:

    wow keren yow hihihih

  8. ivn berkata:

    acara selanjutnya apa neh?

  9. ethan berkata:

    capeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkk…………

  10. rajaiblis berkata:

    aNE punya rencana hebat …
    mudah-mudahan bisa jalan di bulan Juni ini …
    tunggu aksi saya !

  11. ayahshiva berkata:

    wah makin salut deh sama wongkito

  12. Aan berkata:

    jangan2 ngajak ke neraka jahanam yo pak :D

  13. Mission Complete: Kembali ke asal.. « .:: The Propitious ::. berkata:

    […] Wongkito […]

  14. my big mouth and stupid thoughts berkata:

    Asyiknya Kumpul Bareng Blogger di Acara “Wongkito Blogger Days 2008″…

    Bila angin tertiup ke barat
    suara-suara terdengar gembira menyambut
    melintas dan berhenti untuk sekedar ikut tertawa
    merasakan satu dari sekian banyak rasa
    bersahaja dan berkeluh kesah
    tantang hari esok agar lebih bermakna…
    Satu hari sudah terlew…

  15. Cherry Lembek berkata:

    The First Cool Event……..
    Go Wong Kito :)

  16. karina berkata:

    oh ya karin punya usul pak??gmn klo acara blogger manianya diadain dipalcom!pastiii seeeruuu…..!!truz adain jg forum tanya-jawabnya!

  17. herman saksono berkata:

    Wah selamat ya buat Wongkito. Acaranya sukses nih.

  18. next billionaire blog | Laporan WongKito Blogger’s Day berkata:

    […] WongKito.net: Blogger Day Wongkito: Silaturahmi Akbar Komunitas Blogger Palembang […]

  19. Juliana Dewi K berkata:

    Wah sayang sekali pada saat acara itu berlangsung saya mendadak berhalangan. Padahal sudah daftar….
    Mudah2an nanti akan ada lagi acara seperti ini di Palembang

  20. bernie berkata:

    Pak,
    Aku naksir themes nya blog ini, dimano yo sources nyo.. kalu bae gratis sambil sosialisasi motif-motif songket dan ukiran palembang.

    trims

  21. darmin berkata:

    Salut buat wong kito !!, Thumbs Up

  22. jonh(lahat) berkata:

    suatu trobosan baru untuk di ikuti . bagus kok ada komunitas blog wong koti galo. salam kenal saje sandi kami anak lahat.

  23. .:: Next Newbie Diamond ::. » Blog Archive » Pak Guru Dan Bu Guru Ngeblog Yuk… berkata:

    […] Contohnya Pak Humas …hehehhe….Nah kali ini Hajatan kedua terbesar Setelah Blogger Day  Adalah WKGTS atau WongKito Goes to School Dengan mengusung tag line “Blog Sebagai Sarana […]

  24. Jurnalnya Nike » Blog Archive » Ultah 1 Komunitas Blogger Wongkito berkata:

    […] yang berawal dari dunia maya.. Tempat ini pula, menggali kami untuk belajar banyak hal, tentang persahabatan, tentang kepedulian pada sesama, tentang silaturahmi.. Dari tempat ini juga kami berbagi, berbagi […]

  25. vier berkata:

    salam kenal..
    oya saya baru buat komunitas untuk klik iklan.gabung donk biar iklan anda di klik oleh

    forum.. semakin banyak lebih jelasnya anggotaforum semakin banyak juga kita dapat uang dari

    hasil iklan blog kita di klik oelh forum…
    tapi forum ini baru saya buat dan saya masih cari anggota forum ni..
    kalo berminat bantu saya cari anggotajugadonk..biar forum kita rame…
    kunjungi : situs:
    http://forumklikiklan.blogspot.com/

    salam sukses
    ttd

    VIER
    vierzol@yahoo.com

  26. 88th berkata:

    Oi yang ngraso wong Palembang kesini.
    dak melok saro.

    http://blognyaitem.blogspot.com/

    makaseh

Tinggalkan komentar