Peta Objek Wisata Sumatera Selatan

oleh Erie Khafif Mukti

Sebanarnya ada cukup banyak tempat wisata menarik yang dimiliki Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini. Melalui program Visit Musi 2008 yang digagas Pemerintah Daerah Sumsel merupakan salah satu cara mengenalkan lebih dekat aset-aset wisata di provinsi yang dikenal sebagai Bumi Sriwijaya ini, kepada masyarakat. Tidak hanya mereka yang berdomisili di Sumsel saja, tapi masyarakat di luar provinsi itu pun bisa mengenal lebih dekat potensi wisata yang dimiliki provinsi ini.

peta objek wisata sumsel

Jum’at lalu (2/5), saya menemani Redha, teman saya dari Lampung, jalan-jalan melihat Sungai Musi dari tepi seputaran Benteng Kuto Besak atau BKB. Pemandangannya indah. Angin berhembus terasa kering. Maklum ketika itu terik matahari cukup terasa panas.

Saya sendiri sebenarnya jarang nongkrong di seputaran BKB. Maklum saja untuk ke sana kalau sendiri rasanya kurang afdol bersama teman-teman. Malah saya pernah ke BKB bersama teman-teman SMA saya ketika pulang dari acara buka puasa bersama di sebuah tempat makan cepat saji di Jalan Veteran, Palembang.

Waktu itu kami ada sekitar berlima menumpang mobil Avanza hitam yang dikendarai Johan, salah satu dari teman saya tadi. Malam-malam kesana sekitar pukul 1 dini hari. Suasana di sana sepi. Hening. Kebetulan saya membawa kamera digital, inisiatif menjadi narsis pun datang segera. Berfoto-fotolah kami di sana. Mengambil latarbelakang Jembatan Ampera yang disinari lampu-lampu yang indah, kami ‘berfoya-foya’ foto bersama. Pulang dari situ tak terasa sudah pukul 3 dini hari dan menjelang imsak harus segera pulang untuk makan sahur.

Bedanya terakhir saya dan Redha ke BKB bisa berfoto-foto dengan latarbelakang Jembatan Ampera pada siang hari yang cukup terik matahari. Selain itu, tak sengaja menemukan sebuah billboard “Peta Objek Wisata Provinsi Sumatera Selatan”.

Ada banyak wisata yang disebutkan di billboard itu, antara lain: di Kabupaten Musi Banyuasin memiliki Danau Ulak Lia, di Kabupaten Banyuasi memiliki Cagar Alam Sembilang, di Kabupaten Muara Enim memiliki Air Terjun Bedegung yang jaraknya 125 KM dari kota Palembang, di Kabupaten Lahat ada Bukit Telunjuk yang jaraknya 225 KM dari Kota Palembang, Ribang Kemambang jaraknya 225 KM dari Kota Palembang, Kabupaten Pagar Alam memiliki Batu Megalith dan Gunung Dempo (3159 mdpl) bisa ditempuh dari Kota Palembang dengan jarak tempuh 125 KM.

Lalu, Kabupaten Oku Selatan memiliki Danau Ranau yang berbatasan dengan Provinsi Lampung dan dapat dijangkau 125 KM dari Baturaja, Kabupaten Oku Timur memiliki Irigasi “Upper Komering” dapat ditempuh 50 KM dari Baturaja dan Goa Putri yang dapat ditempuh 236 KM dari Palembang, Kota Prabumulih memiliki kawasan yang disebut “Kota Nanas” yang dapat ditempuh 125 KM, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki Danau Teluk Gelam yang dapat ditempuh sejauh 66 KM dari Kota Palembang, dan di Kota Pelembang sendiri juga banyak objek wisata yang patut dikunjungi, seperti: Benteng Kuto Besak (BKB), Jembatan Ampera yang membelah Sungai Musi, Taman Wisata Puntikayu dan masih banyak lagi lainnya.

67 komentar untuk “Peta Objek Wisata Sumatera Selatan”

  1. Au' berkata:

    Orang Palembang aja msh jarang jalan-jalan ke daerah wisata yang di luar kota, biasa masalah klasik soal tempat yang jauh (daku termasuk orang yg jarang :D )

  2. tjoenit berkata:

    Jadi pengen ke Gunung Dempo sama Danau Ranau lagi deh…

    Umm… kayaknya kota kita jadi makin berbenah nih. Jadi penasaran mau tahu ada perubahan apa sama Palembang. Hehehe…

    *pengen cepet liburan*

  3. ivn berkata:

    maklum lha orang palembang kan rate kesibukannya yang tertinggi seendonesia, tiap ditanya mau kemana jawabannya pasti ada kerjaan :p

  4. ayahshiva berkata:

    ngapo pan? pengalaman yo

  5. Aan berkata:

    kalo di Palembang alhamdulillah sdh galo (kalo dak salah) di daerah yg belum, Danau Ranau, Teluk Gelam. Nah cakmano kalo kito keliling rame

  6. edi sutrisno berkata:

    Salam kenal,
    saya membutuhkan peta kabupaten OKU Timur secara detail menunjukkan letak desa di wilayah tersebut. Mohon untuk di kirim lewat email saya yang laen (bukan email yang saya pakai untuk mengisi koment ini) di edisutrisno@yahoo.co.id atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  7. Wrisaba berkata:

    ass. yang nak nayo tentang wisata danau ranau, kirim emai be ke jarawrisaba@yahoo.co.id pasti ku bales. aku tinggal di ranau ni lah. trim’s

  8. kodok berkata:

    ralat dikit mas dari palembang ke pagaralam tuh g sedeket itu 125km
    hampir kurang lebih 300 kiloan

  9. A'BAK berkata:

    Informasi tentang tempat masih sangat terbatas ya… Where to go, where to eat? Nah, brosur jugo susah nyarinyo…. Kalu pacak diperbanyak promosi ke propinsi laennyo….
    Ibong-ibong tu kan wisata budaya yang menarik jugo…
    Jugo tempat purbakala, di ME, Lahat, PGA…

  10. Feryaspirin berkata:

    Ngape, jeme pg alam. Jarang yg maen k g dempo? Kbanyakan malah orang d luar pg alam.please..kite hrus bangga punya wisata cak g dempo.

  11. iyer berkata:

    Pak, kalo mau cari cerita sejarah danau ranau, marga haji sampe muaradua ke mana ya ? mohon info..

    trims

  12. rais berkata:

    baca saja buku mas hahahahaha

  13. rendy berkata:

    boleh la plmbng ne………..kalah jakarta
    cak mano plmbng be jd ibu kota nyo ?

  14. Saut berkata:

    info yang bagus. kapan2x kalo balek ke plembang pacak jalan2x ke tempat2x di atas. thanks

  15. Wrisaba berkata:

    asal-usul danau ranau.. bukak be google, masuk ke kata kunci danau ranau.. banyak sumbernyo, tetep ksimpulannyo seperti itu.

  16. titis berkata:

    gambar petanya kok gak jelas, website tentang wisata palembang ada di mana ?? sampai sekarang gak tau mo jalan 2 dimana ???

  17. Erfan Rusdi berkata:

    salam kenal mank, caknyo kito tetanggo, kito diblakang pasar KM5, trimakasih.

  18. dicxha berkata:

    perasaan aku ye,sudah jalan2 jingo’i batu megalite,paling banyak di Kec.Pulau Pinang Lahat,rumahnyo Megalite,entah kalo pagaralam terbeanyak pulo,dak pernah dengar.kalo wisata rasanya paling alami dan banyak Lahat itulah,biar aku bukan asli Lahat.Gunung Dempo,Terjun Lematang Indah,Terjun Karang Dalam,Benteng Sungai Lematang,Bukit Tunjuk ada yg bilang bukit Jempol,aiiii banyak nian.

  19. agung&niko berkata:

    mw liat air terjun 148m coba aj dteng ke desa tj kurung kec smidang aji oku,berkhasiat mengobati sgala macam penyakit&segala permintaan kita akan terkabul……

  20. agung&niko berkata:

    ngapo gambarnyo cak itu,salah peta itu..!!gua putri tu di oku induk,bange ngan nii…aku rasa ngani bukan jeme sum sel

  21. Rendyy berkata:

    Ngapo wisata di pl,bang dak di tampel kan galo??????????

  22. Ira Juliana berkata:

    Kayaknya asyik juga wisata ke palembang masalahnya gw lom pernah kesana,jadi ngiri deh. Ditempat gw gada tempat seindah itu

  23. oni berkata:

    ranau memang asik untuk di lihat tapi tidak untuk berwisata. karena masih banyak sarana dan prasarana yang harus di benahi. terutama jalan akses menuju RANAU.

  24. Irawan berkata:

    Woii… ngapo peta Prabumulih dak jelas nian. dak katek Tanjung raman, Karang raja, gunung Ibul, Prabusari. men daktau Prabumulih, tanyo ke bang Iwan tukang ngukur jalan Prabumulih. JANGAN MACAM-MACAM AKU NIE WONG ASLI PALEMBANG.

  25. mas phinisi berkata:

    wah terim akasih….. sangat informatif site nya . aku sangat terbantu ne…. ayo.. wong kito.. Kalo yang mau jalan2 ke solo bisa kontak aku juga di phinisisolo.blogspot.com

  26. YUSUF berkata:

    halo sanak sedulur aku lagi butuh peta prabumulih dak kalo ado tolong emailke ke alamat ku musifm@yahoo.co.id mokasih sebelumnya.

  27. Yedi Irawan Saputra berkata:

    Cak mano Kab. Lintang 4 Lawang, ngapo terkenal paling “bejat”. Ayo Pak Bupati benai kudai keamanan Kab. kito, mangko pacak bekembang! Salam anak rantau nyo ado di Jogja…………..Visit 4 Lawang 2008!

  28. nasor (badot) berkata:

    oi kak cak mano kabar danau ranau katonyo tambah ancur bae, saya mohon samo pemkab oku selatan untuk membenahi tempat wisata andalan kito. nyak sanak asli ranau ngerantau di tg uban(batam)

  29. Thesoul berkata:

    hahaha wisata neh sebenarnya peta cuma menunjuk tempat, tapi pembenahan terhadap temapt wisata itu mesti kita dukung dan perlu ada kepedulian besar dari pemerintah. mengingat sektor wisata adalah pemasukan devisa daerah yang tidak boleh di pandang sebelah mata.

  30. ragil berkata:

    tolong beri kami informasi nama jalan dan peta kabupaten
    lahat sumatra selatan.
    terima kasih for all.
    nice 2 meet u

  31. asim berkata:

    halo tuapenye kabar jeme pelimbang terutame yg ade di lahat merinim tuapenye kabar umak ba aku di bandung sihat 2 saje tuapenye kabar jeme arahan . udim kudai salam mualaikum asim anak jamainur sulimi jeme arahan gedung agung

  32. abdullah berkata:

    as terkhusus para pejabat pegawai pemerintah kota lahat sering2 menginfaqkan amal jariah kepada orang lahat yang lagi jihad fi sabilillah

  33. Yayan ranau berkata:

    Kita smua masyrakat ranau sebenarnya tidak bisa mengandalkan perwakilan rakyat yang hanya mulut nya saja yang bicara tapi tidak ada bukti.jadi kesadaran kita masing masing untuk memajukan wisata kita.dari kita untuk kita.thanks you

  34. astext berkata:

    halooo,,,, tuapenye kabar jeme pelimbang semoga sehat 2 saje terutame jeme lahat arahan ,. aku jeme lahat menghimbau ame kejadi proyektu gawikelah uji ke buka proyek batu bara ,. , aku asim pernah sekulah di mts arahan ., mba ini dang di bandung ./ mengharapkan nian ngan dprd baru ni … semuge proyek tu jadi ,…. mak bak doakan aku di sini aku dang sakit ,., semuga keluarge di dusun sehat 2 saje .as l mualaikum,.

  35. heryken berkata:

    Salam sedulur dari bandung
    Mudahan sedulur pada baik galo , aku ngumpulken counten wisata buat aku rangkum termasuk daerah kito biar di kenal.
    cuman inilah susahnyo masyrakat kito belom terbiaso menjaga cagar budaya dan wisata, pemerintah sudah mempasilitasi tinggal warga yang harus ikut mendukung dan menjaga obyek wisata itu contoh pernah aku ke Danau ranau banyak nian di pengernyo yang terapung(edit) cubo masyaraktyno jangan buang ke danau buat Wc
    untuk yang butuh info tentang Bandung dan wisatanya,pendidikanya,dan yang lainyo hubungi aku siap membantu

  36. Dara berkata:

    Ado dak yang tau kapan yo Upper Komering itu dibangun, berapo desa kiro2 yg dialiri irigasi upper komering.
    Tolong ye infonya. Makasih

  37. wisnu berkata:

    mas knapa hanya sedikit profil cagar budyanya

  38. jhen-she berkata:

    saya sebagai remaja ranau………..
    mo kasih coment nech terthadap pemerintahan yang ada di ranau……..
    coba lihat ranau sekarang jelek……… jelek bgt…….. tidak ada pembangunan sama sekali yang ada mah kerusakan dimana-mana…………..
    coba deh di perhatiin lagi,,,,,, gimana mau maju dan dikenal orang kalau daerah kita punya daya tarik pariwisata kalau begini???

    makasih

  39. dee berkata:

    bagaimana cara untuk mendapatkan peta kab.oku selatan melalui internet?

  40. karman berkata:

    slm knl,,,,
    q putra asli OKU Selatan, tp skrg lg nuntut ilmu di Universitas Baturaja,
    q prihatin dg objek wisata di OKU Sltn yg krng diperhatikan, Seperti Danau Rakihan, yg kurang di fasilitasi,,,,
    ayo anak OKU Sltn, promosikan objek wisata kita,,,,,
    Yakinlah objek wisata kita, tidak kalah mnarik ny dg daerah lain,,,,,,,

  41. satria indratmoko berkata:

    Salam kenal….saya mahasiswa geografi FMIPA UI sedang membutuhkan peta kota pagar alam…….apabila berkenan mohon dikirimkan ke alamat email saya di satria.indratmoko@ui.ac.id

  42. satria indratmoko berkata:

    Salam kenal….saya mahasiswa geografi FMIPA UI sedang membutuhkan peta kota pagar alam…….apabila berkenan mohon dikirimkan ke alamat email saya di satria.indratmoko@ui.ac.id…..
    Terima kasih sebelumnya

  43. irmaizha berkata:

    saya remaja asli ranau,,,,,,,,,
    jalan menuju ranau t rusak total d skitar pelawi atw ap gt tlg diperbaiki donk biar g; terjadi kecelakaan…thanks

  44. dessy pratiwi berkata:

    Wah senang y tinggal di Indonesia, sudah Alam dan kebudayaan yang begitu banyak, diberikan kemudahan-kemudahan yang membuat kita merasa nyaman lagi melakukan perjalanan, semoga kita terus menjaga dan melestarikan
    Kebudayaan dan Alam Indonesia

  45. kemas berkata:

    untuk majuke wisata sumsel harus ado trobosan baru ,mungkin bangun infrastruktur yang lebih efektif dan efesien maaf kato siopo wong yg jauh dari gua putri nak kesano kalo akses nak kesano bae masih dak jelas, belum lagi punti kayu kalu ku jingok belum maksimal jadi harus ado inovasi baru cak punti kayu pacak dibuat jadi kebun binatang cak di bali

  46. ysantra berkata:

    aku kangen ma kota kelahiran ku>>>>>

  47. ysantra berkata:

    woi wong kito galooo
    aku milu gabung,,,,,,,kok informasi tentang objek pariwisata di di dusun dihi harus daftar n login dulu,,,jd rada ribet dehhh

  48. Ivan berkata:

    No 11 : kami baru saja akan menulis tentang marga haji di http://margahaji.co.cc nanti akan kami bahas. mohon masukan dan tanggapannya….

  49. desti berkata:

    qt bangga punya wisata alam…. pa lagi sebagai orang yang punya wisata danau rakihan, hu.. dateng dung liat dan lestarikan wisata lokal! tar kalo ada yang berani beli tau rasa lho. hidup Danau Rakihan Indah

  50. BAHRI HUMAIDI berkata:

    di palembang umumnyo tlg jalan di perbesak/ lebar sbb itu salah satunyo mendukung objek wisata (bila perlu buat toll road), di daerah tlg keamanan lbh di tingkatkan.

  51. yudhi berkata:

    objek wisata d sumsel bnyak,,tp tidak diurus dan banmyak infra stuktur d tmpat wisata yang rusak….!!!!

    tp q ttp cinta palembang….!!

  52. ibongbapang berkata:

    Memang asyid kalau mengingat danau ranau, tempatnyo indah nian……wah…….jadi kepengen kesano lagi niiii……….

  53. rahmat muslimin berkata:

    peta oku timur melalui jalur tengah (komering) cari disini bro : http://okutimurmartapurasukanegeri.blogspot.com
    makasih..

  54. aditya berkata:

    Mohon bantuan, dan kunjungannya. karna saya baru belajar menulis diblog…!

  55. makin berkata:

    lahat indah, pagar alam indah, palembang indah pokoknya???? sumsel ok !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  56. makin berkata:

    saya makinudin saya ingin apa bila berkenan tolong dikirimkan ke email saya
    makinudin1@yahoo.com

  57. Andy berkata:

    Danau Ranau ada yang punya kenangan Maniskah di sana…

  58. rusdi berkata:

    INDONESIA IS BEUTIFULL…BANGGA JADI ORANG INDONESIA

  59. Putri Sriwijaya berkata:

    Bangga jadi orang Palembang. Gak sabar pengen segera mudik.

  60. pulsa murah berkata:

    wah saya belum pernah kesana sama sekali…. enak ya kalo bisa keliling2

  61. saiful berkata:

    saya pernah ke sumatera tapi dalam kondisi tugas kantor, jadi nggak bisa kemana2, enak ya kalo bisa jalan2 kesana…

  62. Rully berkata:

    Semua objek wisata di sumatera selatan oke kok,,, buktinya tiap hari besar hampir semua tempat wisata pasti rame dikunjungi,,hehehe..

  63. fadel berkata:

    peh kito backpackeran

  64. Djenambang Bin Tandjak berkata:

    Alhamdulillah.. semoga orang lahat dan muara enim semakin cerdas tentang pemahaman sejarah nenek moyangnya.. Aamiin!

  65. Arsan indra kurniawan berkata:

    Aku bangga jdi anax indonesia dan tgl di provinsi sumatra selatan(muara enin,gunung megang,belimbing)dgn adsanya rahmat Allah trcptalah keindahaan yg banyak di indonesia terutama di provinsiku sumsel wong kito bnyk tmpt yg indah didesa ku saja ada desa yg terkeliling sungai dan danau pancur berwarna pelangi add fb saya Arsan indra kurniawan
    e-mail arsanindra@ovi.com
    twitter arsanindra
    migg33 arsanindra55
    manfa’atkanlah alam yang indah ini

  66. adrian10fajri berkata:

    Blognya keren broo..

    Silahkan berkunjung ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (blog Pesona Palembang)..

    Salam kenal yah ^_^

  67. adrian10fajri berkata:

    Blognya keren..

    Silahkan berkunjung ke blog saya >> http://www.adrian10fajri.wordpress.com (blog Pesona Palembang)..

    Salam kenal yah

Tinggalkan komentar